Lokasi dan Objek Wisata Raja Ampat

Pianemo Raja Ampat

Raja ampat merupakan sebuah kepulauan yang terdiri dari sekita 600 pulau. Dari 600 pulau terdapat empat gugusan pulau besar yang saling berdekatan yaitu: Pulau Waigeo, Batanta, Salawati dan Misool. Lokasi kepualauan Raja Ampat ada di barat bagian kepala burung (Vogelkoop)pulau Papua. Masyarakat membagi wilayah Kabupaten Raja Ampat menjadi dua bagian, yaitu bagian utara dan bagian selatan. Masyarakat di kepualauan Raja Ampat pada umumnya berprofesi sebagai nelayan.

Sejarah Objek Wisata Raja Ampat

Wisata Raja Ampat memiliki sejarah yang cukup unik. Legenda dari wilayah ini muncul dari masyarakat sekitar dan memiliki versi cerita yang diwariskan secara turun temurun mengenai asal usul nama Raja Ampat. Menurut cerita yang beredar dimasyarakat, asal mula dinamakan Raja Ampat berasal dari seorang wanita yang menemukan tujuh telur. Tiga butir telur menetas menjadi hantu, seorang wanita dan sebuah batu. Empat butir lainnya menetas menjadi empat orang pangeran. Setelah dewasa pangeran-pangeran tersebut berpisah dan masing-masing menjadi raja yang berkuasa di Salawati, Waigeo, Misool Timur dan misool Barat, maka dari itu dikenallah dengan sebutan Raja Ampat.

Keindahan Alam Wisata Raja Ampat

Wisata Raja Ampat merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi incaran wisatawan. Tidak hanya wisatawan domestik saja, namun tidak sedikit wisatawan asing juga sangat tertarik untuk menjajaki tempat wisata tersebut. Untuk menuju tempat Wisata Raja Ampat membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan waktu yang cukup lama. Namun hal itu akan terbayar ketika kita sampai di sana. Bagaimana tidak, saat kita memasuki kawasan wisata Raja Ampat kita akan disuguhi dengan hamparan pantai berpasir putih yang sangat menarik, gugusan pulau-pulau mempesona dan flora-fauna endemik yang langka. Tak hanya itu, wisata Raja Ampat juga dikenal sebagai tempat wisata bawah laut yang terindah dan terkaya di dunia. Lebih dari 1.320 spesies ikan karang dan tiga perempat jumlah koral keras di dunia ada di Raja Ampat. Oleh karena itu, hal yang paling utama yang harus anda lakukan ketika anda berlibur ke kawasan ini adalah menyelam.

Wisata Raja Ampat juga memiliki daya tarik lainnya, yaitu gugusan batu kapur berwarna-warni, hutan yang lebat, spesies tumbuhan langka dan juga sarang penyu di tepi pantai. Untuk mengelilingi kawasan wisata Raja Ampat anda dapat menggunakan feri atau perahu cepat. Perahu cepat dikawasan ini memiliki harga sewa yang lumayan fantastis, yakni berkisar antara Rp 15 – 17 juta per harinya, itu belum termasuk dengan bahar bakar perahu cepatnya. Jarak antara satu lokasi ke lokasi lainnya di kawasan wisata Raja Ampat membutuhan 200 liter – satu drum bahan bakar. Sementara untuk menjelajahi kota di kawasan ini anda dapat menyewa mobil atau naik ojek, untuk tarif ojek berkiran antara Rp 20 ribu sampai Rp 75 ribu dan untuk sewa mobil sekitar Rp 900 ribu per hari sudah termasuk supirnya. Untuk menghemat biaya, sangat disarankan agar anda berlibur ke tempat wisata Raja Ampat berkelompok, atau bida juga dengan cara patungan dengan wisatawan lainnya.

Jika anda tertarik untuk menghabiskan masa liburan anda untuk berwisata Raja Ampat, maka Oktober sampai April merupakan waktu terbaik untuk anda berkunjung kesana. Hal tersebut dikarenakan ombak pada bulan tersebut tak terlalu besar sehingga mudah bagi anda untuk menjelajahi wisata Raja Ampat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *