Keunggulan Tempat Wisata Raja Ampat yang Tidak Dimiliki Tempat Wisata Lain

Balbulol, icon misool raja ampat selatan, bisa kisa snorkling menikmati keindahan landscape dan bawah lautnya

Raja Ampat adalah salah satu tempat wisata terkenal yang memiliki keindahan luar biasa yang sudah dikenal di Indonesia ataupun di dunia. Berbagai wisata lokal dan mancanegara sangat senang berkunjung ke tempat wisata ini. Selain memiliki panorama yang sangat menarik, ada banyak keunggulan yang bisa kita temui di obyek wisata di pulau bagian barat dari kepala Pulau Papua ini.

Raja Ampat merupakan rangkaian beberapa pulau dengan lokasi yang berdekatan. Gugusan ini masuk ke dalam Kabupaten Raja Ampat, Papu Barat. Raja Ampat merupakan pantai yang memiliki laut lepas dan juga berbagai pulau kecil. Tempat wisata ini sangat cocok untuk para wisatawan yang gemar melakukan diving ataupun snorkeling karena memiliki beragam keindahan dari terumbu karang yang saat ini masih terjaga keindahan dan juga keasriannya.

Perairan yang ada di Raja Ampat menyimpan1000 macam ikan karang , 540 macam karang keras, serta 700 macam moluska. Sehingga 75% spesies jenis karang dunia lain yang bisa kita temukan adalah ikan pari manta, wobegong, kuda laut katai.

Sudah disinggung bahwa Kepulauan Raja Ampat memiliki banyak sekali keunggulan yang tidak dimiliki oleh obyek wisata lain yang ada di dunia. Penasaran apa saja keunggulan yang dimiliki oleh Kepulauan Raja Ampat. Berikut keunggulannya :

  • Memiliki gugusan karang terbesar serta terlengkap

Raja Ampat memiliki pesona keindahan yang sangat luar biasa. Akan tetapi bukan hanya pemandangannya saja yang lengkap namun juga memiliki gugusan karang yang diklaim paling besar di dunia, dengan 75% spesies karang dunia.

  • Memiliki jenis flora dan fauna paling lengkap di dunia

Salah satu ciri khas yang dimiliki Kepulauan Raja Ampat adalah memiliki biota laut terlengkap. Sebut saja ikan pari manta, wobbegog kuda, laut katai, hiu karang, barakuda, ikan tuna, cendrawasih wilson, burung nuri serta kakatua, cendrawasih merah, maleo waigeo, dan masih banyak lagi flora dan fauna lainnya.

  • Sisi Sejarah yang Sangat Menarik

Saat Anda melakukan kegiatan menyelam di Kepulauan Raja Ampat, setiap penyelam pastinya akan melihat berbagai keindahan sejarah yang sangat memukau. Sebut saja peninggalan prasejarah yang digambarkan dengan cap tangan pada sisi dinding karang. Cap tangan tersebut bukan berada dalam gua, namun berada di dekat air laut.

  • Memiliki masyarakat ramah

Masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan wisata Raja Ampat sangat terkenal dengan pembawaan mereka yang sangat ramah, apalagi jika pengunjung berasal dari daerah lain. Masyarakat yang ada di Raja Ampat mayoritas bekerja sebagai nelayan. Kebanyakan dari mereka begitu senang jika pengunjung membawakan oleh-oleh khas daerah mereka yang berupa pinang ataupun oleh-oleh permen.

  • Spot diving terindah dunia

Raja Ampat memang dikenal dengan diving yang paling indah di dunia. Ada beberapa lokasi penyelaman yang menjadi rekomendasi untuk Anda yaitu, perairan sekitar Pulau Waigeo, Bantanta, Misool, Salawati. Saat Anda melakukan penyelaman dengan lokasi di sekitar Manta Point, Anda bisa mendapatkan berbagai pengalaman menarik karena akan ditemani ikan pari manta.

Saat Anda melakukan penyelaman di sekitar lokasi Cape Kri ataupun Chicken Reef, Anda bisa menyelam dengan ditemani ribuan ikan yang berjenis ikan tuna, giant. Dan juga pengalaman menegangkan yang bisa dirasakan saat melakukan penyelaman dengan kumpulan ikan barakuda.

  • Mempunyai atraksi unik

Salah satu atraksi paling unik yanga da di Kepulauan Raja Ampat adalah suling tambur atau dikenal dengan nama Waigeo dan juga festival maritim atau diberi nama bahari Raja Ampat dengan pusat di Waisai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *