5 Kelebihan Pulau Raja Ampat

Wayag Raja Ampat

Pulau Raja Ampat merupakan surganya bagi orang yang menyukai dan mencintai alam, dimana di Pulau Raja Ampat ini terdapat keindahan di bawah laut maupun di daratan. Pulau Raja Ampat sendiri berada di wilayah Timur Indonesia yang terletak di papua. Keindahan Pulau Raja Ampat ini sudah diakui di Indonesia maupun oleh dunia, terbukti dengan banyaknya wisatawan lokal dan mancanegara yang mendatangi Pulau Raja Ampat ini. Dan dibawah ini ada akan di bahas beberapa kelebihan Pulau Raja Ampat.

  1. Kaya akan Terumbu Karang

Dimana terumbu karang ini tumbuh di daerah selat Dampier yang mana selat ini berada di antara beberapa pulau lainnya salah satunya ada pulau batanta dan pulau kofiau. Dimana kawasan ini sangat terkenal akan terumbu karangnya yang sangat terawat kealamiahnya serta sangat indah jika dipandang dengan mata, tempat ini sudah sangat tidak asing lagi bagi orang yang suka menyelam. Apalagi disini 90 % terumbu karangnya masih hidup dan dirawat dengan baik.

  1. Tempat Menyelam terbaik di dunia

Jika kita sudah berwisata ke pulau Raja Ampat ini memang belum sempurna jika kita belum melakukan diving di pulau raja ampat ini, karena disini  merupakan  lokasi menyelam terbaik di dunia. Biasa penyelam sebelum melakukan diving mereka memilih lokasi untuk melakukan diving, kalau di pulau Raja Ampat sendiri lokasi yang banyak di pilih oleh penyelam antara lain ada pulau Misool, pulau waigeo, pulau bantanta dan pulau salawati. Serta saat penyelam sedang melakukan diving tidak jarang ada ikan pari manta yang juga menemani mereka menyelam, dan ini biasanya terjadi di mata point atau di arborek yaitu di selat dampier.

  1.  kaya akan kehidupan alam bawah laut

Kehidupan alam bawah laut memang sangatlah menarik dan indah untuk dibahas dan dinikmati seperti halnya kita membahas kekayaan kehidupan alam bawah laut yang berada di Pulau Raja Ampat ini. Beberapa ahli sudah banyak melakukan penelitian diwilayah pulau Raja Ampat ini dan hasilnya banyak yang menyatakan pendapat yang sama. Dan setelah melakukan penelitian kemudian mereka mendapatkan hasil penilitiannya dimana mereka telah berhasil menemukan adanya 1000 spesies ikan karang lebih, 700 spesies moluska lebih dan  540 spesies karang keras lebih yang masih hidup di dalam perairan wilayah kepulauan Raja Ampat ini. Jika anda ingin membuktikannya sendiri, anda bisa mengunjungi Pulau Raja Ampat dan melihatnya sendiri kekayaan alam bawah laut disini.

  1. mempunyai situs peninggalan sejarah yang mengangumkan

Situs peninggalan sejarah di Pulau Raja Ampat ini memang sudah banyak diketahui oleh orang banyak seperti peninggalan prasejarah yang mana ada cap tangan yang berada di sekitaran dinding batu karang dan ini terletak di dekat air laut yaitu di pengunungan Misool yang usianya telah diperkirakan mencapai sekitaran 50.000 tahun lalu. Selain itu kita disini juga bisa melihat puing-puing sejarah  yang  berupa pesawat yang telah menjadi karang saat terjadinya perang dunia II, dan kita bisa melihatnya saat kita menyelam di Palau Wai.

  1. mempunyai jenis fauna dan flora terlengkap di dunia

Jika kita membahas jenis fauna dan flora yang ada di Pulau Raja Ampat ini memang tidak akan ada habisnya, misalnya saja ada ikan eviota raja, ikan tuna, kaskus, beranekaragam jenis anggrek, cendrawasih merah, dan lain sebagainya. Disini juga terdapat hutan mangrove, pantai tebing, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *